Rabu, 12 Juni 2013

Cara Memandikan Kucing

Kucing.. hmm ya kucing! Salah satu hewan peliharaan yang setia, manja, lucu, imut dan ada setiap saat kita butuh haha
Walaupun kucing takut air, tetap kita harus memandikannya agar tetap bersih. Kucing bersih, kitapun senang :D
Kucing yang dimandikan itu bukan kucing dengan ras khusus saja, kucing biasa juga harus dimandikan! Walaupun hanya kucing biasa, kalo kita rawat baik-baik, bisa terlihat seperti kucing mahal! Nah..langsung aja ya. PASTIKAN KAMU MENYELESAIKAN MEMBACA SEMUA ISI POSTING-AN INI SEBELUM MEMANDIKAN KUCING.
 
Yang dibutuhkan:
1. Air hangat/air dingin
2. Shampoo khusus kucing/shampoo obat (shampoo anti kutu, anti jamur atau anti bakteri)
3. Handuk
4. Sikat khusus kucing/sikat gigi
5. Pengering bulu (blower/hair dryer)
6. Sisir kucing
7. Bedak bayi/bedak khusus kucing
8. Parfum khusus kucing (bila diperlukan)
9. Cottonbuds
10. Baby oil
11. Pemotong kuku
Cara memandikan:
  1. Bersihkan telinga kucing dengan cootonbuds dan baby oil, lakukan perlahan & jangan terlalu dalam agar tidak mengenai gendang teinga kucing.
  2. Potong kuku kucing, jangan terlalu pendek & cukup pada bagian bening kuku. Hal ini dilakukan juga untuk menjaga keselamatan kita dari cakaran kucing apabila kucing berontak pada saat dimandikan.
  3. Periksa bagian-bagian yang sakit di seluruh tubuh. Jamur biasanya menyerang bagian dagu, ketiak, lipatan paha, telapak kaki, ekor dan pangkal ekor. Tungau Scabies paling sering menyerang bagian telinga luar dan ujung-ujung telingan bagian dalam. Kutu pinjal  sering menyerang bagian atas kepala, dagu, ketiak dan lipatan paha. Ingat-ingatlah bagian yang sakit tersebut, karena harus terkena shampoo dan disikat pada saat dimandikan.
  4. Tutup teling kucing dengan kapas kecil agar tidak kemasukan air saat dimandikan.
  5. Mandikan kucing dengan air hangat yang sudah disiapkan. Lakukan dengan perlahan agar kucing tidak terkejut. Siram bagian tengkuk sampai bagian ekor. Pastikan air membasahi seluruh bulu sampai ke kulit. Pengobatan tidak akan efektif bila air dan shampoo tidak mencapai kulit.
  6. Ratakan shampoo ke seluruh tubuh sambil dipijat/disisir menggunakan jari. Hati-hati pada saat memberikan shampoo pada daerah sekitar mata dan hidung (wajah). Usahakan shampoo tidak masuk ke mata. Untuk membersihkan kaki kucing, gunakan sikat lembut & lakukan dengan perlahan.
  7. Setelah merata, sikat  dan bersihkan bagian-bagian yang sakit dengan sikat gigi. Hati-hati bila menyikat bagian yang luka. Pastikan shampoo berada di tubuh selama 5-7 menit agar kutu, jamur dan bakteri  penyebab penyakit mati terkena shampoo obat.
  8. Bilas seluruh tubuh kucing dengan air hangat hingga bersih.
  9. Keringkan kucing dengan handuk, kemudian keringkan kucing dengan blower/hair dryer sambil disisir. Penyisiran bertujuan menghilangkan rambut yang rontok dan mempercepat pengeringan rambut. Pastikan bulu dan seluruh tubuh kucing kering sampai ke kulit, terutama di daerah dengan bulu tebal dan yang agak sulit seperti daerah perut, kaki belakang, daerah diantara kaki belakang, pangkal ekor dan telapak kaki. (Pengeringan yang tidak sempurna akan menciptakan lingkungan dan kelembaban yang cocok bagi tumbuhnya jamur.)
  10. Setelah bulu kering dengan merata, taburi bulu dengan bedak bayi/bedak khusus kucing hingga merata sambil disisir ulang.
  11. Terakhir, semprotkan parfum khusus kucing secukupnya (bila diperlukan).
Untuk diperhatikan:
  • Terkadang, ada kucing yang takut dengan bunyi hair dryer. Jika begitu, jangan memaksakan mengeringkan bulu kucing dengan hair dryer. Biarkan kucing memilih tempat dan biarkan dia mengeringkan bulunya sendiri.
  • Bahwa saat kita akan memandikan kucing, kita harus dapat memastikan bahwa kucing kita dalam keadaan yg fit atau benar-benar sehat. Apabila kita memandikan kucing yang sedang dalam keadaan kurang sehat, akan  memungkinkan memperparah penyakit yang sedang dideritanya. Jadi batalkan rencana mandi dan gantikan dengan melakukan mandi kering pada kucing apabila kondisinya kurang memungkinkan untuk dimandikan. Mandi kering dapat dilakukan dengan membersihkan bulu kucing dengan washlap yg di basahi air hangat, keringkan, dan bubuhi bulu kucing dengan bedak khusus kucing/bedak bayi.
  •  Jika kucing kita termasuk kucing yang hiperaktif, hati-hati saat memandikannya. Mungkin kita bisa mulai dengan perlahan agar kucing tidak berontak, atau mandikan dengan bantuan kandang agar kita sedikit bisa terbantu saat memandikannya.
  • Jangan memandikan kucing di atas jam 4 sore dan jangan dikala cuaca yg sedang hujan, karena dapat mengakibatkan kucing sakit.
 
TERIMA KASIH!!! :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...