Rabu, 12 Juni 2013

Tips Memelihara Kelinci

Beberapa hal yang perlu anda pahami sebelum memelihara kelinci, hal yang sangat mendasar untuk menjamin kesehatan mereka pada dasarnya hanya 3 hal seperti kandang, pakan, dan air.Tata Cara Merawat Kelinci
Berikut tata cara merawat kelinci bagi pemula:.
A. Makanan
Kelinci makan apa seh? Sayuran itu pasti tapi ingat bukan sayuran segar banyak orang yang mengira baik jika memberi kelinci sayuran segar salah besar!!!kenapa karena kandungan air didalam sayur segar sangat banyak ini bisa membuat kelinci mencret dan mati. Cara yang benar kalian membeli sayuran apapun itu ditukang sayur pagi hari lalu semuanya di jemur diatas genting (atau diatas seng/besi biar cepat layu) sampai layu sedikit berwarna kekuningan, pas sore hari baru kalian kasih karena kadar airnya pasti sudah menurun ingat beri makan kelinci dari sore mulai jam 6 sampai malam biar mirip lingkungan asli mereka jadi pagi sampai siang lepaskan mereka sore sampai malam biarkan mereka makan didalam kandang. Cara ini juga agar anda mudah membersihkan kandang dan kotorannya.
Selain sayuran ada juga pakan kelinci yang lain misalkan anda tidak punya waktu untuk menjemur sayur, anda bisa beli pelet ikan paling banter 10ribu itu juga dah banyak loh ada pula pelet khusus kelinci yang banyak tersedia di supermarket atau petshop tapi harganya mahal sekitar 30ribu.
B. Kandang kelinci
Tidak hanya pada hamster, kelinci pun membutuhkan kandang yang bersih dan cukup udara. Anda perlu menyiapkan sebuah kandang dengan ukuran besar agar kelinci bisa bermain dan berlarian di dalam kandangnya. Ini untuk menjaga agar kelinci tidak stress yang bisa mengakibatkan berbagai gangguan pada kesehatannya. Dalam kandang tersebut, siapkan tempat untuk kelinci beristirahat, tempat sampah dan juga botol berisi air bersih. Untuk memastikan kebersihan kandang, bersihkan kandang kelinci minimal seminggu sekali.
C. Pakan kelinci
Seperti telah kita ketahui bersama bahwa kelinci merupakan hewan herbivora atau pemakan rumput atau daun. Dari sini kita bisa mengetahui apa makanan pokok kelinci. Rumput yang segar merupakan makanan utama mereka, namun anda juga bisa memberikan variasi makanan untuk kelinci kesayangan anda. Seperti mencampurkan buah dan sayur segar, yang mesti anda ingat adalah gula alami yang terkandung dalam buah tidak terlalu baik untuk kelinci anda. Jadi awasi asupan gula alami pada kelinci anda.
D. Air
Semua mahluk hidup membutuhkan air, tidak sekedar air, tapi air yang benar-benar terjaga kebersihannya. Taruh mangkuk atau botol berisi air bersih dalam kandangnya, ini untuk menghindarkan kelinci dari bahaya dehidrasi yang bisa mengancam keselamatannya. Ganti air tersebut seminggu dua kali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...